close
Latihan Direct Link
MediaGosip

Laura Anna Meninggal Dunia, Benarkah Hukuman Gaga Muhammad Jadi Lebih Berat? Ini Penjelasannya

Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air.

Selebgram Laura Anna meninggal dunia pada Rabu (15/12/2021).

Diketahui sebelum meninggal dunia, Laura Anna tengah memperjuangkan keadilan untuk dirinya.

Laura Anna mengalami kelumpuhan akibat kecelakaan saat mobil yang dikemudikan mantan kekasihnya, Gaga Muhammad, mengalami kecelakaan pada Desember 2019 lalu.

Lalu, bagaimana proses hukum yang tengah berjalan dengan terdakwa Gaga Muhammad? Akankah Laura Anna mendapatkan keadilan?

Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasipenkum) Kejati DKI Jakarta, Ashari Syam mengatakan, meninggalnya Laura Anna bisa menjadi salah satu penilaian majelis hakim dalam memutuskan hukuman untuk terdakwa Gaga Muhammad.

“Bagaimana ya, itu tergantung penilaian hakim atau penilaian Jaksa Penuntut Umum. Itu akan dinilai apakah meninggalnya akibat kecelakaan itu atau tidak ada hubungannya, nah itu akan dinilai,” kata Ashari saat dihubungi Kompas.com, Rabu.

Ashari mengatakan, apabila meninggalnya Laura Anna ada hubungannya dengan kecelakaan yang dialami pada tahun 2019 lalu, itu bisa berpotensi memberatkan hukuman Gaga Muhammad.

Namun, Ashari kembali mengatakan bahwa penilaian itu semua nantinya tergantung hakim yang punya kewenangan dalam memutuskan hukuman.

“Nanti akan dilihat apakah dalam teori-teori hukum pidana ada akibat terdekat ada akibat terjauh gitu. Jadi, kalau misalnya ada hubungannya, dan kolega kita menilai ada kaitannya ya bisa saja itu memperberat,” ucap Ashari.

“Tapi kan tergantung surat tuntutan (Laura) dari awal, tidak ada pembunuhan di situ, tidak ada meninggal dunia, yang adanya itu kecelakaan yang mengakibatkan cacat (lumpuh), kan sampai di situ,” lanjut Ashari.

Ashari mengatakan, meninggalnya Laura Anna bisa saja menjadi alat Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk meminta hakim menghukum Gaga Muhammad dengan berat.

“Tapi itu bisa nanti dinilai oleh penuntut umum kemudian biasanya pengacara terdakwa akan membela,” kata Ashari.

Meski demikian, ia memastikan, penilaian tersebut semua tergantung hakim.

Ashari mengatakan, hakim yang nantinya menentukan apakah meninggalnya Laura Anna menjadi penilaian sendiri terhadap putusan Gaga Muhammad.

“Tapi hakim yang menentukan. Itu semua berpotensi untuk dinilai dalam persidangan meskipun kita bisa juga tidak. Yang jelas akibat hukumnya yang didakwa itu adalah akibat hukum menjadi cacat gitu,” tutur Ashari.

Diketahui, Gaga Muhammad kini sudah ditahan karena laporan Laura Anna yang menyebabkan dirinya menjadi korban kecelakaan pada 9 Desember.

Gaga Muhammad kini ditahan di rutan Satlantas Polres Metro Jakarta Timur.

Sementara itu, kasusnya sudah disidangkan sebanyak enam kali. Bahkan, Laura dan ibunya sudah menjadi saksi di persidangan itu.

Gaga Muhammad didakwa pasal 310 ayat 3 UU nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan. Dengan ancaman hukuman lima tahun penjara.

sumber : palu.tribunnews

Leave a Reply

Your email address will not be published.