close
Latihan Direct Link
MediaGosip

Lama Menghilang Aliando Mengaku Idap Gangguan Jiwa Putuskan Belum Ingin Fokus ke Dunia Hiburan Usai Terapi

Lama menghilang dari layar kaca artis peran Aliando Syarief muncul tiba-tiba dengan kabar kurang menyenangkan.

Pria yang terkenal dengan sinetron berjudul Ganteng Ganteng Serigala itu mengaku didiagnosis gangguan mental Obsessive Complusive Disorder (OCD).

Aliando berjuang menjalani terapi agar gangguan OCD yang dideritanya bisa segera sembuh selama satu tahun terakhir.

“Gue kena OCD dan gue harus punya terapi beberapa tahun, setahun lebih makannya gue kenapa harus putus di Keajaiban Cinta atau proyek yang kemarin di sinetron, jadi ya harus di sini,” kata Aliando Syarief dikutip dari Kompas.com, Kamis (27/1/2022).

Dia menyebut, gejala gangguan OCD bisa berbeda-beda pada setiap pasien.

Pada kasusnya, Aliando termasuk tipe pasien yang tidak tega melihat sesuatu dicampakkan.

“Kalau misalkan dari Ali, kan, orang beda-beda ya OCD-nya. Kalau Ali tuh, aduh, apa sih namanya, kalau yang barang tuh enggak boleh ada yang ngambil,” kata Aliando.

“Kayak ibaratnya sampah aja tuh maunya disimpan enggak mau dibuang karena kasihan,” lanjutnya.

Aliando kini memiliki perasaan kasihan ketika melihat sesuatu yang dicampakkan karena hal itu dapat menyakiti dirinya sendiri.

“Ngelihat hal-hal yang dicampakkan itu kasihan. Nah itu tuh kayak nyakitin diri sendiri juga ngelihatnya,” ujarnya lagi.

Gejala lain yang dirasakan Aliando adalah perasaan harus menyelesaikan sesuatu dengan sempurna atau menjadi perfeksionis.

Hal ini sedang dialami sendiri oleh Ali saat melakukan siaran langsung di Instagram.

“Kayak gini aja nih, kan gue live berkali-kali live ya on dan off, on dan off, kenapa? Karena gue enggak closing,” terang Aliando.

Ali terus menyalakan dan mematikan siaran langsungnya karena sampai hingga beberapa saat belum sempat mengucapkan kata-kata perpisahan pada penonton.

“Gue harus closing, enggak bisa tuh kayak main tutup, gue enggak bisa tuh, gue harus ada say goodbye dulu, gitu,” sambungnya.

Setelah selesai menjalani terapi OCD Aliando pun menjelaskan belum berniat kembali ke industri hiburan.

Pria kelahiran 26 Oktober 1996 itu akan mengambil waktu untuk istirahat telebih dahulu dari dunia yang membesarkan namanya.

“Rencana habis ini tetap gua akan selesai OCD, akan tetap lanjut istirahat ya teman-teman. Jadi gue enggak langsung bikin, gue selesai OCD langsung bikin proyek, jadi tetap habis selesai OCD gue istirahat dulu,” ujar Aliando.

Mengutip Alodokter.com, Obsessive compulsive disorder (OCD) adalah gangguan mental yang menyebabkan penderitanya merasa harus melakukan suatu tindakan secara berulang-ulang.

Jika tidak dilakukan, penderita OCD akan diliputi kecemasan atau ketakutan.

Gangguan obsesif kompulsif dapat dialami oleh siapa saja. Meski lebih sering terjadi di awal usia dewasa, OCD juga bisa terjadi pada anak-anak atau remaja.

Penderita OCD terkadang sudah menyadari bahwa pikiran dan tindakannya tersebut berlebihan, tetapi tetap merasa harus melakukannya dan tidak dapat menghindarinya.

Sumber: Sripoku

Leave a Reply

Your email address will not be published.