close
Latihan Direct Link
MediaGosip

Iseng-Iseng Dapat Jackpot! Masak Nasi dengan Air Teh, Ibu Rumah Tangga Ini Terkejut Melihat Hasilnya yang Diluar Dugaan Ketika Matang

Setiap ibu rumah tangga pasti memasak nasi di rumah untuk disantap keluarga.

Namun biasanya pasti menggunakan air biasa.

Memasak nasi agar cepat matang lebih gampang menggunakan rice cooker.

Usut punya usut, anda bisa coba ganti air biasa dalam memasak nasi gunakan air teh loh.

Khasiat luar biasa akan terjadi jika anda memasak nasi gunakan air teh.

Tidak percaya?

Berikut ini ulasan lengkap yang harus anda tahu!

Jangan sampai menyesal telat mencoba ya.

Bakalan rugi banget.

Menanak Nasi dengan Air Teh

Penelitian ini bermula dari penelitian sebelumnya bahwa kafein dalam teh dapat membantu dalam mengurangi risiko terkena diabetes.

Maka, teh yang mengandung kafein ini kemudian diteliti untuk digunakan dalam menanak nasi.

Penelitian kemudian membuktikan, kadar jenis polifenol yang terkandung dalam teh lebih bermanfaat, setelah polifenol meresap ke dalam tubuh dan mempercepat pengeluaran cairan pencernaan dalam tubuh kita.

Polifenol juga terbukti bermanfaat untuk mengatur kadar gula darah karena polifenol dalam teh cenderung menghambat penyerapan gula dalam darah.

Studi tersebut juga menyatakan, teh dapat secara signifikan mampu mengurangi glukosa darah pada orang dewasa, sehingga mencegah datangnya diabetes.

Temuan ini dilansir di Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition. Disebutkan, polifenol secara signifikan mengurangi jumlah glukosa pada orang dewasa, yang diberi minuman sarat sukrosa sebelumnya.

Sebelumnya, menanak nasi dengan air teh sudah dipraktikkan dalam kehidupan sehari hari masyarakat Cina sejak ribuan tahun lalu.

Sejak masa Dinasti Tang, dalam buku ilmu kedokteran sudah terdapat catatan tentang menanak nasi dengan air teh.

Berikut 5 keunggulan menanak nasi dengan air teh yang mengandung polifenol menurut hasil studi, dari menyusutkan lemak, menyegarkan bau mulut, hingga lancar buang air besar;

1. Mencegah dan mengobati penyakit kardiovaskular

Polifenol merupakan senyawa utama yang terkandung di dalam teh, suatu zat antioksidan yang memiliki kemampuan untuk menyingkirkan radikal bebas.

Bukti ilmiah menyebutkan, bahwa polifenol dapat meningkatkan ketahanan dan mencegah dinding mikrovaskuler pecah atau berdarah.

Selain itu, polifenol juga dapat menurunkan kolesterol darah, menghalau aterosklerosis, melembutkan pembuluh darah, menurunkan lemak darah, dan mencegah penyakit kardiovaskular.

2. Mencegah tumor saluran cerna

Polifenol adalah salah satu antioksidan alami yang paling kuat. Polifenol dapat menonaktifkan karsinogen, menghambat dan memutuskan nitrosamin (karsinogenik) dalam tubuh, sehingga dapat mencegah tumor saluran cerna.

3. Mencegah stroke

Anda ingin terhindar dari stroke?

Salah satu faktor terjadinya stroke, adalah terbentuknya lipid peroksida yang membuat dinding pembuluh darah kehilangan elastisitasnya.

Sementara itu, asam tanin merupakan suatu senyawa polifenol, yang berfungsi menghambat pembentukan lipid peroksida dan sebagai antioksidan, mendorong penguraian enzim lemak.

Dengan demikian, menanak nasi dengan air teh bisa secara efektif mencegah stroke.

4. Membantu sistem pencernaan

Catatan tentang menanak nasi menggunakan air teh sudah ada dalam buku medis Tiongkok kuno “Compendium of Materia Medica”.

Selain itu, cara ini juga dapat memperlancar sistem pencernaan, yang secara efektif dapat mengurai lemak dalam tubuh, memperlancar buang air besar, dan membuat kita memiliki tubuh yang langsing.

5. Mencegah karies gigi

Fluoride dalam teh merupakan zat dentin yang sangat diperlukan tubuh. Fluoride dapat meningkatkan kekuatan dan kemampuan gigi melawan asam, sehingga dapat mencegah karies gigi (penyakit infeksi yang merusak struktur gigi) yang menyebabkan bau mulut.

Lantas, bagaimana cara menanak nasi dengan air teh? Seperti menanak nasi dengan air biasa, cuci beras lebih dulu dengan air biasa di wadah rice cooker atau panci arona.

Setelah dicuci bersih, kemudian masukkan air teh (tanpa daunnya) ke dalam beras. Takaran air teh seperti pada penggunaan air biasanya.

Teh yang umum digunakan untuk menanak nasi dengan air teh adalah teh hitam (black tea) dan teh hijau (green tea).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *