News  

Semeru Erupsi, Hujan Abu Vulkanik Melanda Sejumlah Wilayah di Kabupaten Malang

Hujan abu terjadi di sejumlah wilayah di kabupaten Malang usai gunung Semeru erupsi pada Sabtu sore tadi (4/12).

Hujan abu terjadi di sejumlah wilayah di antaranya di Kecamatan Ampelgading, Wajak, Turen, Tirtoyudo, Gondanglegi, Jabung, Poncokusumo dan Dampit.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang, Sardono Irawan mengatakan, bahwa pihaknya telah mendapatkan laporan terkait hujan abu tersebut.

“Ini yang terlapor Jabung itu sebagian hujan abu tipis-tipis, Poncokusumo tipis-tipis, sebagian Wajak juga demikian, sebagian Ampelgading, Tirtoyudo juga demikian,” ucapnya kepada Surya.

Sardono mengatakan, bahwa hujan abu dampak dari erupsi Semeru ini juga tidak merata.

Dari hasil laporan sementara, hujan abu disertai material vulkanik malah terjadi di daerah yang lokasinya jauh dari Gunung Semeru.

Sementara sejumlah desa yang lokasinya lebih dekat dari Gunung Semeru tidak berdampak parah.

“Tadi teman-teman keliling ke desa-desa, justru agak tebal itu di wilayah kota kecamatan itu. Yang mendekati Semeru malah tipis sekali materialnya dibandingkan dengan yang di jalan besar,” terangnya.

Sardono juga masih menunggu, adanya laporan lanjutan dampak dari erupsinya Gunung Semeru.

“Sejauh ini Kabupaten Malang belum terdampak langsung, artinya lahar hujan tidak di Kabupaten Malang, lava pijar tidak di Kabupaten Malang, tidak ada pengungsian, tidak ada keluhan dari masyarakat sejauh ini. Jadi kita belum bisa mengkategorikan itu sebagai bencana untuk wilayah Kabupaten Malang. Mungkin beda dengan yang di Kabupaten Lumajang,” tandasnya.

 

sumber : suryamalang.tribunnews

Leave a Reply

Your email address will not be published.