Menjalani Perawatan Dirumah, Tukul Arwana Sedih Melihat Tayangan Acaranya, Tubuhnya Kini Lebih Kurus, Begini Kondisi saat Ini

Komedian Tukul Arwana rindu untuk kembali melakukan aktifitasnya, syuting.

Saat ini sang komedian yang masih menjalani perawatan di rumahnya merasa sedih karena absen dari dunia entertainment akibat sakit yang dialaminya.

Kesedihan Tukul terlihat kala ia menonton tayangan saat dirinya membawakan program acara.

“Iya, jadi benar-benar saat dikasih videonya awal-awal pas di programnya beliau, beliau nangis, beliau sedih,” kata manajer Tukul Areana, Rizki Kimon, saat ditemui di Kawasan Cipete, Jakarta Selatan, Selasa (26/10/2021).

Kendati demikian, Tukul Arwana tak larut dalam kesedihan. Bahkan, komedian 58 tahun ini tertawa saat ditunjukan tayangan dirinya ketika menjadi pembawa acara.

“Kalau sekarang malah dia pengin nonton, malah ketawa-ketawa kalau saya kasih video pas dia jadi host,” ujar Kimon.

Disinggung soal Tukul Arwana kembali bekerja, Rizki Kimon mengaku suami almarhumah Susianti ini akan beristirahat selama enam bulan untuk memulihkan kondisinya.

“Oh iya untuk job offair, on air sudah pasti mungkin sampai beliau recovery. Sampai enam bulan ke depan kita akan off dulu. Sampai benar-benar mas Tukul sembuh total,” ungkap Rizki Kimon.

Perubahan Tubuh Tukul

Tukul Arwana beberapa waktu lalu sempat di operasi akibat mengalami pendarahan otak.

Pasca operasi itu, Tukul Arwana mengalami perubahan fisik yang drastis. Tubuhnya yang semula bugar kini terlihat lebih kurus.

“Kalau kurus pasti ya, namanya juga pasca operasi ya,” kata manajer Tukul Arwana, Rizki Kimon, saat ditemui di kawasan Cipete, Jakarta Selatan, Selasa (26/10/2021) malam.

“Yang pernah operasi pasti kurus kalaupun nanti sembuh, Insya Allah sehat lagi,” tambahnya.

Namun, Kimon tak mengetahui pasti Tukul mengalami penurunan berapa Kg.

Akan tetapi, hal ini tak membuat keluarga dan kerabat bersedih. Terpenting saat ini, komedian berusia 58 tahun itu sudah menunjukkan tren positif pada kesehatannya.

Terlebih, Tukul Arwana kini sudah bisa berdiri tanpa bantuan orang lain yang di mana pelawak berusia 58 tahun ini sebelumnya sangat susah untuk berdiri. Bahkan untuk berdiri pun harus dibantu oleh orang lain.

“Saat ini responsnya luar biasa. Kayak tadinya buat berdiri aja harus minta bantuan atau dipapah. Sekarang benar-benar dia punya kekuatan untuk berdiri,” ujar Kimon.

“Kemampuan beliau untuk bergerak semakin baik. Semua respons untuk gerakan semakin baik alhamdulilah,” tambahnya.

Bahkan ketika cek up, perkembangan kondisinya membuat dokter ikut senang.

Diberitakan sebelummya, Tukul Arwana dilarikan ke Rumah Sakit Pusat Otak Nasinal (RS PON), Cawang, Jakarta Timur untuk di operasi karena mengalami pendarahan di otak pada 22 September.

Setelah di operasi, dokter mengatakan terdapat pendarahan yang terjadi di otak dan kemungkinan karena hipertensi.

Kini, kondisi Tukul Arwana kian membaik, dan pada 16 Oktober Tukul sudah kembali ke rumahnya. Dengan catatan, Tukul harus rutin untuk cek up atau menjalani sejumlah terapi.

Kondisi terkini, Tukul Arwana dikabarkan sudah bisa mengunyah makanan pelan-pelan dan mulai mengenali orang di sekeliling.

“Beliau sudah pulang dari RS PON, Alhamdulillah sudah diperbolehkan pulang sama dokter di tanggal 16 Sabtu kemarin jam 5 sampai rumah jam 6,” kata Rizky Kimon dikutip TribunJatim.com dalam kanal YouTube Intens Investigasi pada 17 Oktober 2021.

Rizky Kimon menjelaskan, kondisi Tukul Arwana berangsur membaik, namun ia saat ini masih belum berbicara dengan jelas dan masih menggunakan isyarat untuk berkomunikasi.

Meski demikian, Rizky Kimon berkata sang komedian masih harus menjalani perawatan di rumah dengan didampingi dua perawat dan juga fisioterapi.

“Kebetulan ada dua perawat yang menjaga beliau 24 jam,” ucap Rizky Kimon.

Menurut Rizky Kimon, dua perawat itu hadir atas saran dari pihak rumah sakit untuk merawat Tukul Arwana.

“Untuk dua perawat itu saran dari dokter RS karena bagaimana pun beliau harus masih didampingi dan selain dua perawat kita juga ada fisioterapi yang datang ke rumah,” tutur Rizky Kimon.

Lebih lanjut, Rizky Kimon mengatakan, Tukul Arwana akan menjalani fisioterapi sehari tiga kali demi pemulihan yang lebih cepat.

“Fisioterapi sehari malah tiga kali, saran dari dokter agar penyembuhannya lebih cepat,” kata Rizky Kimon.

Kepulangan Tukul Arwana merupakan saran dari dokter, karena dinilai akan lebih baik jika sang komedian menjalani masa pemulihan bersama keluarga.

“Dokter menyarankan untuk melakukan fisioterapi untuk keseluruhan di rumah.

Kebetulan di rumah ada perawat yang menjaga beliau 24 jam,” ucap Rizky Kimon.

“Kondisi sekarang membaik terus.

Sudah dibolehin pulang karena bisa rawat jalan di rumah, dan fisioterapi di rumah.

Untuk bicara masih terus kita ajak interaksi dan dampingi lewat fisioterapi wicara. Untuk gerakan, sehari hampir 3 kali ada fisioterapi,” tuturnya.

Menurut Rizky Kimon, dokter sudah membiarkan sang komedian pulang agar merasakan suasana yang lebih nyaman dari rumah sakit.

“Kalau kelamaan di rumah sakit kan gak sehat, nah di rumah sirkulasi udara, terus dukungan dari orang-orang terdekatnya lebih banyak. Walaupun tetap masih dibatasi,” kata Rizky Kimon.

Kepulangan Tukul Arwana dari rumah sakit pada Sabtu kemarin sukses membuat keluarganya terharu.

Bagaimana tidak? Kepulangan Tukul Arwana ternyata bertepatan dengan perayaan hari ulang tahun sang komedian yang ke-68 tahun.

“Momen ulang tahun 16 Oktober 2021 kemarin, dibarengi dengan kepulangan mas Tukul Arwana, keluarga semua terharu,” ujar Rizky Kimon.

Dalam kesempatan itu, Rizky Kimon juga menyampaikan jika masih membatasi orang-orang yang masuk ke rumah Tukul Arwana.

Bahkan teman-teman artis belum diperbolehkan menjenguk.

Hal itu tak lain demi menjaga kesehatan Tukul Arwana yang belum pulih sepenuhnya.

“Dia masih lemes, masih kaku, dan masih tetap fisioterapi.

Selain 2 perawat, kami juga ada tim fisioterapi.

Dia sudah lakukan isyarat, duduk sudah bisa, berdiri masih tetap dibantu perawat,” kata Rizky Kimon.

sumber : bangka.tribunnews

Leave a Reply

Your email address will not be published.